Kamis, 29 Maret 2012

Petunjuk Penyusunan Laporan PKL/Magang


Petunjuk Penyusunan Laporan PKL/Magang
Secara umum laporan PKL/Magang terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian
akhir. Ketentuan umum penulisan yang harus diperhatikan untuk setiap bagian adalah sebagai berikut:
1. BAGIAN AWAL
a. Halaman Judul, terdiri dari halaman judul bagian terluar dan halaman judul bagian dalam.
Halaman judul memuat:
 Judul disajikan dalam bentuk piramida terbalik, dibuat singkat, jelas dan tepat yang
menunjukkan:
 Nama mahasiswa disajikan dengan lengkap tanpa singkatan.
 Di samping nama mahasiswa ditulis NIM (Nomr Induk mahasiswa).
 Lambang UB dengan ukuran 4 cm x 3,5 cm dengan posisi center, diletakkan di
bawah judul laporan.
 Nama Perusahaan tempat dilaksanakanya PKL/Magang, dituliskan ditengah-tengah
(center) di bawah lambang UB.
 Nama Instansi
 Waktu pembuatan laporan, ditulis bulan dan tahun pembuatan laporan.
b. Lembar Pengesahan laporan, pengesahan laporan dilakukan oleh ketua jurusan setelah
ditandatangani oleh Pembimbing PKL/Magang. Tanggal yang dicantumkan adalah tanggal
pengesahan laporan.
c. Kata Pengantar, berisi uraian singkat tentang maksud penyusunan laporan dan ucapan
terima kasih serta penghargaan kepada pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan
kegiatan internship.
d. Daftar Isi, memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai isi laporan dan bertujuan
untuk memudahkan pembaca mengerti alur isi laporan serta memudahkan pembaca
mengetahui/mencari dengan cepat letak suatu pokok bahasan/bab/sub bab. Daftar isi
memuat: urutan bab dan sub bab disertai nomor halamannya masing-masing dan kerangka
dari keseluruhan PKL/Magang.
e. Daftar tabel, merupakan daftar yang memuat nomor dan judul tabel beserta nomor
halamannya secara teratur dan berurutan.
f. Daftar gambar, merupakan daftar yang memuat nomor dan judul gambar beserta nomor
halamannya secara teratur dan berurutan.
g. Daftar Lampiran, merupakan daftar yang memuat urutan judul lampiran beserta nomor
halamannya secara teratur dan berurutan.
2. BAGIAN ISI
BAB 1. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Magang (pemilihan topic dan lokasi PKL/Magang)
2. Tujuan, Manfaat, dan Waktu Magang
BAB 2. DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN
1. Gambaran Umum Perusahaan/Kantor-kantor/Instansi
A. Sejarah Umum Instansi/Kantor-kantor/Perusahaan dan
B. Ruang lingkup usaha/aktivitas dan kapasitasnya serta Lokasi (bila perlu) (Ruang
Lingkup Magang yaitu batasan tempat yang dijadikan lokasi Magang mis:
“PT. ABC Tbk. Bagian Pengepakan Departemen Produksi “)
C. Struktur Organisasi dan ketenagakerjaan
D. Bidang-bidang Kerja ( Job Description).
2. Pelaksanaan Magang
a. Jenis dan Bentuk Kegiatan Magang termasuk:
a. Peran Bagian/Departemen tempat magang terhadap keseluruhan
Organisasi/Perusahaan.
b. Target/Sasaran yang harus dicapai oleh Perusahaan/Departemen yang
menjadi Tempat Magang
b. Prosedur Kerja
c. Kendala yang Dihadapi dan Upaya untuk Memecahkannya ditinjau dari aspek
keilmuan. Contoh untuk Manajemen dan Akuntansi dari aspek Sumber Daya
Manajemen (Man, Machine, Material, Methods and Information). Usaha Koreksi
dari Perusahaan untuk mengatasi kendala tersebut (Problem Identification dan
Corrective Action). Pendapat mahasiswa tentang usaha tersebut atau jika belum
dilakukan tindakan korektif bagaimana sebaiknya menurut saudara.
d. Penjelasan prosedur dan kendala menggunakan pendekatan kualitatif maupun
Kuantitatif Chart, System Design Analysis (Flow Diagram).
3. BAGIAN AKHIR
BAB 3. KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan berisi seberapa jauh, tujuan dari KERJA PRAKTEK tercapai.
penyimpangan yang terjadi.
3.2 Saran – saran berisi saran jika mengulang KERJA PRAKTEK sekali lagi
Lampiran
Lampiran dapat berupa :
a. KERANGKA ACUAN dan JURNAL HARIAN beserta lampirannya (HARUS ASLI).
b. Keterangan pengalaman KERJA PRAKTEK (jika ada).
c. Keterangan Penilaian dari PEMBIMBING LAPANGAN bahwa KERJA PRAKTEK
dinyatakan selesai dengan hasil "Sangat Baik", "Baik", atau "Cukup" (HARUS ASLI).
d. Gambar-gambar alat/mesin, wilayah, tata letak bangunan/ alat dan mesin
a. Data pengamatan/wawancara
b. Rincian atau metode perhitungan
c. Jurnal per topik kegiatan (format sebagai berikut) wajib dimasukkan sebagai lampiran
dalam copy laporan kepada pembimbing praktek lapang.
FORMAT LAPORAN MAGANG
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN/PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB 1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Magang
1.2 Ruang Lingkup Magang
1.3 Tujuan dan Manfaat Magang
BAB 2. DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN
2.1 Gambaran Umum Perusahaan/Kantor-kantor/Instansi
2.1.1 Sejarah Umum Instansi/Kantor-kantor/Perusahaan
2.1.2 Struktur Organisasi
2.1.3 Bidang-bidang Kerja/Job Discription
2.2 Pelaksanaan Magang
2.2.1 Jenis dan Bentuk Kegiatan Magang
2.2.2 Prosedur Kerja
2.2.3 Kendala yang Dihadapi dan Upaya untuk Memecahkannya
BAB 3. KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran – saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN - LAMPIRAN
Lampiran 7. Form jurnal kegiatan harian
DAFTAR KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN (PL)
Nama :………………………………. ……………………………….
Nim/ PRODI :………………………………. ……………………………….
Periode PKL :………………………………. ……………………………….
Lokasi PKL : ……………………………….……………………………….
Nama instansi/perusahaan : ……………………………….……………………………….
Alamat instansi/perusahaan : ……………………………….……………………………….
No telp / Fak : ……………………………….……………………………….
Nama pembimbing Lapangan : ……………………………….……………………………….
No. Tanggal Uraian Kegiatan
Tanda tangan & catatan
Pembimbing lapangan
4. TEKNIK PENULISAN
1. Penomoran Bab serta Sub-bab
a. Penomoran Bab dengan menggunakan angka.
b. Penomoran sub-bab dengan menggunakan angka latin dengan mengacu ke-nomor
sebelumnya.
Bab 2. PENDAHULUAN (judul bab)
2.1 Latar Belakang ….(judul subbab)
2.1.1 ….(judul sub-subbab)
2.1.1.1 … ((judul sub-sub-subbab)…………
a. ………
b. ………
1. ………..
2. …..
a) …
b) …
c. Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar
d. Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dengan diawali dengan huruf besar
2. Penomoran Halaman
a. Bagian awal, penulisan halamannya dengan angka romawi huruf kecil, peletakkannya di
tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul penulisan dan lembar
pengesahan tidak perlu diketik nomor halamannya, tetapi tetap dihitung sebagai halaman.
b. Bagian pokok (Bab), penulisan halamannya dengan angka latin. Halaman pertama dari bab
pertama adalah halaman nomor satu (1). Peletakkan nomor halaman di pojok kanan bawah.
c. Bagian akhir, penulisan halamannya di bagian bawah tengah dengan angka romawi kecil
kelanjutan dari penomoran pada bagian awal.
3. Judul dan Nomor Gambar/Grafik/Tabel
Mengikuti Panduan Penulisan Skripsi S1
4. Penulisan Daftar Pustaka, Pengutipan dan Format Pengetikan
Mengikuti Pedoman Penulisan Tugas Akhir
5. LAPORAN
 Laporan di jilid spiral, sebanyak 2 buah.
 Warna cover lihat Panduan Penulisan Skripsi S1.
 Cover laporan menggunakan kertas Concorde laminating.
G. Soft Copy
Soft copy dibuat di CD, file dalam bentuk PDF, nama file sesuai adalah sebagai berikut :
a. Bagian awal :
 Halaman Judul, nama file : Judul
 Halaman Pengesahan, nama file Pengesahan
 Kata Pengantar, nama file : Pengantar
 Daftar Isi, nama file : Daftar Isi
 Daftar Tabel, nama file : Tabel
 Daftar Gambar, nama file : Gambar
 Daftar Lampiran, nama file : Lampiran
b. Bagian Isi
 Bab 1, nama file : Bab 1
 Bab 2, nama file : Bab 2, dst
c. Bagian Penutup
 Daftar Referensi, nama file : Referensi
 Lampiran, nama file : Lampiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar